Selasa, 17 Agustus 2010

Sumsel Bangun Industri Pariwisata


Sriwijaya Post - Kamis, 10 Juni 2010 16:23 WIB

PALEMBANG - Pemerintah Sumatera Selatan bergerak cepat menggali dan memajukan potensi pariwisata menjelang pelaksanaan SEA Games 2011. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumsel ditarget meningkat 300 persen. Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) RI, DR Sapta Nirwandar, mengatakan, target wisatawan yang datang ke Indonesia pada 2011 capai 6,4 juta. Sebagian besar ke Palembang.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, mengatakan, pelaksanaan SEA Games 2011 dijadikan momen mendatangkan wisatawan domestik dan internasional ke Sumsel.

“Selain sukses pelaksanaan, kita target SEA Games 2011 membawa manfaat bagi masyarakat Sumsel. Silahkan kerahkan semua potensi pariwisata yang ada, menyambut tamu-tamu kita dari 11 negara ASEAN dan wisatawan domestik,” kata Alex, ketika menjadi pembicara pada acara The Ancient Heritage of Sriwijaya, Seminar Potensi Ekonomi dan Pariwisata Muara Enim dan Kota Palembang, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (10/6).

Dia mengatakan, panitia dari 11 negara ASEAN akan ditempatkan di lantai 1-5 Gedung Bank Sumsel di Kompleks Jakabaring. “Gedung itu nanti berlantai 17. Panitia akan ditempatkan di lantai 1 sampai 5 Bank Sumsel, lokasi sekretariat panitia,” kata Alex, sesaat sebelum bergegas ke bandara menuju Palembang.

Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan, menambahkan, Pemprov Sumsel tengah memperbaiki semua jalur transportasi menuju Sumsel.

“Kita tengah membenahi dan membuka lebih luas sarana transportasi darat, laut, dan udara. How to get there (bagaimana menuju ke sana/Palembang). Contoh, rute penerbangan Singapura-Palembang, Kuala Lumpur-Palembang. Termasuk memperbanyak rute Jakarta-Palembang. Kita berbenah dan mengajak masyarakat Sumsel demam SEA Games, seperti demam World Cup,” tambahnya.

Dirjen Pemasaran Pariwisata, Sapta Nirwandar, optimistis Sumsel bisa memanfaatkan momen SEA Games 2011. Sebagai pria asal Sumsel, Sapta berharap provinsi ini bisa mendatangkan wisatawan asing ke Palembang dengan jumlah yang lebih besar dari tiga daerah penyelenggara SEA Games yang lain, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Ayo gerakkan ekonomi kreatif, seperti cinderamata, souvenir, songket, pempek, tekwan, kaus, pindang, dan kekayaan potensi wisata kita. Buat kemasan yang menarik dan secantik mungkin. Catatan saya, ekonomi kreatif seperti ini bisa menjadikan masyarakat sejahtera,” paparnya.

Sapta mengatakan, potensi wisatawan nusantara yang datang ke Sumsel antara lain datang dari domestik Sumsel, Bangka Belitung, Banten, DKI, dan Bengkulu. “Untuk pasar wisatawan manca negara, antara lain dari Malaysia, Singapore, China, dan Eropa,” paparnya.

Turut hadir sebagai pembicara dalam acara The Ancient Heritage of Sriwijaya, antara lain Bupati Muara Enim Muzakkir Sai Sohar dan Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra. Acara dilanjutkan peninjauan kerajinan Sumsel, ramah tamah, dan launching buku Hatta Rajasa, yang dihadiri tokoh-tokoh Sumsel di Jabodetabek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar